Resign dari Bank, Rocky Kumandangkan Azan di Beberapa Masjid Pekanbaru

Posted on 29 views

Pria bernama Rocky ini tergolong nekat.

Ia memberanikan diri keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai bank ternama di Pekanbaru, walau tanpa mendapat pekerjaan baru.

Hal itu dikatakannya dalam acara Seminar Kembali ke Titik Nol (KKTN) yang diadakan di Hotel Alpha Pekanbaru, Jalan Harapan Raya, Pekanbaru Sabtu (23/9).

“Dulu saya bekerja sebagai bankir. Saya yang menerima dan menyetujui ajuan kredit warga ke Bank tempat saya bekerja. Setelah tahu itu bahwa pekerjaan tersebut termasuk riba, saya resign sejak. Alhamdulillah, sekarang masih nganggur,”ungkapnya sambil tersenyum.

Untuk mengisi kegiatan sebelum mendapatkan pekerjaan baru, pria berkacamata ini mengaku melakukan kegiatan amal dengan cara mengumandangkan azan dari masjid ke masjid di Pekanbaru yang tidak ada muazimnya.

“Selama Juli hingga September ini, saya menjadi muazim dadakan di beberapa masjid yang belum ada gharimnya. Alhamdulillah, hati merasa tenang, walau masih nganggur. Saya mau membayar dosa riba yang telah saya lakukan selama bertahun-tahun kerja di bank. Saya yakin, kedepan Allah akan beri pekerjaan yang lebih layak dan berkah,”akunya.

Seminar KKTN tersebut diisi oleh Saptuari merupakan penulis buku best seller, diantaranya adalah Kembali Ke Titik Nol, Berani jadi Taubaters dan Mencari Jalan Pulang. Serta owner Kedai Digital Corp dan beragam usaha lainnya.Selain itu, juga diisi oleh Rakhmat, merupakan spiritual motivator dan konsultan masalah diri, seperti bebas riba, mental blok, phobia, stress, depresi, galau, kurang motivasi, tidak percaya diri dan lainnya.

Nauzubillahi minzalik. benar-benar riba tersebut harus ditinggalkan. Seperti dalam  sebuah ayat, Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.” [Al-Baqarah/2: 278]

Dalam as-Sunnah banyak sekali didapatkan hadits-hadits yang mengharamkan riba. Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu anhu, ia berkata:

لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُوْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ. وَقَالَ: هُمْ سَوَاءٌ.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat pemakan riba, yang memberi riba, penulisnya dan dua saksinya,” dan beliau bersabda, “mereka semua sama.”

Sumber: Tribun Pekanbaru dan Almanhaj

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *