Dikasih Uang Lebih, Bapak Buta Ini Jawab Hal Mengejutkan

45 views

RODABERPUTAR.COM-Bagi warga Pekanbaru, pernah melihat si bapak yang ada di dalam foto?. Saya sering melihatnya, beliau sering berjualan kerupuk di pinggir SPBU Jalan Harapan Raya, arah Bukit Barisan.

Saya sendiri sudah beberapa kali membeli kerupuk jualan si bapak yang bernama Maman tersebut. Biasanya setelah beli, saya langsung pulang. Namun sore itu, saya lihat jualan si bapak masih banyak dan ia tetap berjualan di tengah hujan rintik-rintik. Setelah membeli bahan bakar untuk motor, saya menghampirinya untuk membeli sebungkus kerupuk.

Saya: Beli Kerupuk ini pak, sambil menunjukkan kerupuk yang saya mau.

Maman: Sambil meraba-raba bentuk kerupuk. Oh..yang ini Rp15 ribu bang.

Saya: (dalam hati) eh, si bapak tahu harga-harga kerupuknya dari rabaan tangannya. “Ini uangnya bang, Rp20.000 ribu ya”.

Maman: gak ada uang pasnya ya bang?. Silahkan ambil sendiri kembalian uangnya, sambil menyodorkan kantong kresek bawaannya.

Saya: Gak usah bang, ambil aja kembaliannya.

Maman: oh, terima kasih ya bang.

Saya: kerupuknya makin banyak ya pak?.

Maman: gak makin banyak bang, tapi memang belum banyak yang laku, karena tadi hujan lebat. Jadi, saya berteduh dulu di dekat mushola pom bensin.

Saya: (Astaghfirullahalazim, salah omong saya). Maaf, salah bicara ya pak.

Maman: ya, gak apa-apa bang.

Saya: Tadi saya lihat, bapak menunjukan uang sekantong, saat mau mengembalikan uang belanjaan saya. Apa gak takut ditipu orang pak?. Misal, saya beli kerupuk Rp15 ribu, uang saya Rp20 ribu, saya minta kembalian dan ambil uang Rp50 ribu dari kantong punya bapak, itu bagaimana pak?.

Maman: gak apa bang. Saya Ikhlas, rezeki itu sudah Allah yang ngatur. Saya yakin Allah punya pengganti yang lebih baik. Pernah ada orang yang seperti itu, tapi uang penggantinya jauh lebih besar. Saat saya kehilangan Rp50 ribu, ada orang yang beli kerupuk cuma satu bungkus, diberi uang Rp100 ribu. Saya hanya mensyukuri apa yang ada bang.

Jleb, langsung kena saya. Kehilangan uang Rp50 ribu aja, langsung panik. Sementara si bapak, mengikhlaskan saja.

Saya: hujan-hujan gini kok masih jualan pak?.

Maman: ya, mau gak mau bang. Kerja saya memang ini.Nauzubillah, si bapak ini selalu bersyukur dengan hidupnya.

Saya lebih sering mengeluh dan kufur nikmat. Maafkan hamba ya Allah. Ada beberapa pelajaran yang saya dapatkan dari si bapak:
Ikhlas, sabar, syukur nikmat dan tetap semangat berusaha, walau apapun yang terjadi. Apakah kita sudah berbuat hal yang sama?.

Gallery for Dikasih Uang Lebih, Bapak Buta Ini Jawab Hal Mengejutkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *