15 Orang Sukses di Dunia Ternyata Memiliki Kepribadian Pendiam dan Punya Ide Diluar Logika

Posted on 76 views
mark zuckerberg

Rodaberputar.com-Banyak orang bilang seseorang yang pediam  (introvert) itu tidak akan bisa berkembang, mereka hanya sibuk dengan hayalan sendiri. Persepsi mengenai introvert sebagai seseorang yang pemalu dan suka menyendiri ini sebenarnya salah.

Para ahli kepribadian introvert mengatakan bahwa seseorang yang pemalu sebenarnya sama seperti orang ekstrovert. Hanya saja ia tidak suka banyak berbicara dan sering membutuhkan waktunya sendiri.

Bahkan sebagian orang-orang terkenal dan telah membuat pencapaian luar biasa dalam hidupnya adalah sosok yang introvert.

Mengutip laman Businessinsider, Selasa, 28 Juli 2015, berikut 15 orang dengan kepribadian introvert yang sukses dalam sejarah peradaban manusia:

1. Albert Einstein

Ahli teori fisika yang penemuan-penemuannya menjadi dasar ilmu pengetahuan modern sekarang ini mampu memperlihatkan sisi lain dari sosok introvert. Ia pernah mengatakan sebuah kata-kata mutiara yang berbunyi berikut: ” Suasana sepi dan monoton dari kehidupan yang tenang merupakan kunci dari pemikiran yang kreatif.” Einstein menerima Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1921 dan paling dikenang sebagai bapak pendiri teori relativitas.

2. Bill Gates

Pendiri Microsoft, filantropis, dan orang terkaya di dunia, pernah ditanya bagaimana agar berhasil dalam dunia yang didominasi oleh ekstrovert.

” Yah, saya pikir introvert bisa melakukan segalanya dengan cukup baik. Jika Anda pintar Anda dapat belajar untuk mendapatkan manfaat menjadi seorang introvert, yang mungkin, katakanlah, bersedia untuk pergi selama beberapa hari dan berpikir tentang masalah yang sulit, membaca segala sesuatu yang Anda bisa, mendorong diri sendiri dengan keras agar bisa keluar dari area itu (introvert). Kemudian, jika Anda datang dengan sesuatu, jika Anda ingin mempekerjakan orang-orang, membuat mereka bersemangat, membangun sebuah perusahaan dengan ide Anda, Anda lebih baik belajar dari apa yang dilakukan ekstrovert, Anda lebih baik menyewa beberapa ekstrovert, seperti Steve Ballmer yang saya klaim sebagai ekstrovert, dan memanfaatkan kedua fitur (introvert dan ekstrovert) dalam rangka untuk memiliki sebuah perusahaan yang tumbuh subur, baik dalam berpikir dan membangun tim, serta keluar ke dunia untuk menjual ide-ide.”

3. Steven Spielberg

Bahkan salah satu tokoh yang paling sukses, kaya, dan berpengaruh di Hollywood adalah seorang introvert. Sutradara dan produser Steven Spielberg telah mengakui bahwa dia seorang introvert dan lebih memilih tersesat ke dalam film.

4. Isaac Newton

Salah satu tokoh yang paling penting dalam ilmu pengetahuan, buku Principia-nya merumuskan hukum gerak dan gravitasi universal. Isaac Newton dikenal sebagai ” karakter sangat tertutup dan sangat melindungi privasinya.”

5. Eleanor Roosevelt

Meskipun dia seorang individu pemalu dan berkepribadian tertutup, Eleanor Roosevelt ” adalah seorang wanita yang memberi 348 konferensi pers sebagai First Lady, adalah delegasi PBB, seorang aktivis hak asasi manusia, guru, dan dosen yang rata-rata telah memberi 150 ceramah setahun di sepanjang 1950-an.”

6. Mark Zuckerberg

Dia adalah pendiri dan CEO dari jaringan sosial yang introvert klasik. Bahkan, COO Facebook Sheryl Sandberg mengatakan kepada New York Times pada tahun 2010, ” Dia pemalu dan tertutup, dan ia sering tidak terlihat sangat hangat bagi orang-orang yang tidak mengenalnya, tapi dia hangat.” Sandberg menambahkan, ” Dia benar-benar peduli tentang orang-orang yang bekerja di sini (Facebook).”

7. Larry Page

Salah satu pendiri Google, Larry Page menjadi CEO mesin pencari pada tahun 2011. Banyak yang percaya bahwa Page adalah pilihan yang aneh-untuk CEO karena dia ” secara pribadi tertutup, agak kikuk, dan introvert.”

8. Marissa Mayer

CEO Yahoo! saat ini mungkin menjadi sosok terkenal, namun Mayer masih percaya pada model kepemimpinan yang tenang dan mengakui bahwa, ‘aku hanya seorang yang kikuk dan pemalu, dan aku suka menulis kode …’

9. JK Rowling

Pencipta karakter Harry Potter ini terkenal sebagai sosok yang introvert. Dia punya ide karakter Harry Potter saat bepergian dari Manchester ke London. ” Saya sering menulis sejak usia enam tapi saya belum pernah begitu bersemangat tentang ide sebelumnya. Frustrasi terbesar saya, saya tidak memiliki pena dan saya terlalu malu untuk bertanya meski itu untuk meminjam pena … ”

10. Warren Buffett

Warren Edward Buffett, adalah investor, triliuner dan dermawan asal Amerika yang kekayaanya pada tahun 2013 masuk sebagai orang ke-4 terkaya di dunia. Meski dikenal sebagai salah satu introvert yang paling sukses dan pengusaha di dunia, dia masih butuh bimbingan Dale Carnegie untuk mengikuti kursus How to Win Friends and Influence People.

11. Mahatma Gandhi

Dikenal sebagai pemimpin perlawanan tanpa kekerasan, Gandhi pernah berkata, ” Dalam cara yang lembut, Anda dapat mengguncang dunia.” Intinya, dia ingin menunjukkan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin yang efektif dalam sebuah cara yang introvert.

12. Michael Jordan

Dengan julukan His Airness, dia adalah salah satu pemain basket terbesar sepanjang masa. Dia juga menjadi salah satu atlet yang introvert terbesar sepanjang waktu.

13. Elon Musk

Pendiri PayPal, Ruang X, dan Tesla ini cukup terbuka tentang bagaimana ia berubah dari ” insinyur tertutup” menjadi Steve Jobs berikutnya.

14. Dr. Seuss

Bisa dibilang salah satu penulis buku anak-anak terbesar di dunia sepanjang masa. Dan menurut Susan Cain, Dr. Seuss ” takut bertemu anak-anak yang membaca buku-bukunya karena dia takut mereka akan kecewa melihat dirinya yang pendiam.”

15. Steve Wozniak

Salah satu pendiri Apple ini menggambarkan proses kreatif dalam bukunya iWoz sebagai berikut: ” Aku akan memberikan beberapa saran yang mungkin sulit untuk diterima. Saran yang berbunyi: Bekerja sendiri. Bukan sebagai kelompok. Bukan sebagai tim.”(*)

Sumber: Dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *